Selasa, 08 Maret 2011

Metode Numerik


Metode Numerik
Pendahuluan
Definisi Metode Numerik:
a.      Metode Numerik adalah teknik dimana masalah matematika diformulasikan sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan oleh pengoprasian aritmatika. Oleh Charpa dan Chanale, 1991.
b.      Metode  Numerik adalah teknik – teknik yang digunakan untuk merumuskan masalah matematika agar dapat diselesaikan hanya dengan operasi hitungan, yang terdiri dari tambah, kurang, kali dan bagi. Oleh Susila, 1994; Ibraheem dan Isyam, 2003.
Pada dasarnya metode – metode numerik memiliki karakteristik umum, yaitu selalu mencakup sejumlah kalkulasi aritmatika dan penyelesaian atau jawaban dari suatu masalah matematika berupa jawaban eksak. Oleh karena itu, pada era teknologi elektrik ini, komputer menjadi alat bantu yang handal dalam menyelesaikan masalah – masalah yang memerlukan perhitungan yang mencakup jumlah beasar kalkulasi aritmatika.
Beberapa faktor mengapa orang menggunakan Metode Numerik untuk memecahkan masalah yang dihadapinya :
1.      Metode Numerik merupakan suatu teknik untuk menyelesaikan masalah matematika yang efektif dan efisien.
2.      Saat ini terdapat berbagai paket program seperti Excel, Maple, Matlab dan program paket lainnya yang tersedia dan diperdagangkan sehingga mudah didapat yang dalam pengoprasiannya mencakup Metode Numerik.
3.      Apabila masalah yang dihadapi sulit deselesaikan menggukan program paket komputer, maka pemecah masalah dapat menggunakan program komputer (misalnya Pasacal,  Fortran, atau program komputer lainnya) untuk mendesain sendiri program yang digunakan untuk memecaahkan masalah.
4.      Metode Numerik merupakan sarana yang efisien untuk mengenal karakteristik komputer dan mendesain algoritma, diagram alur dan menulis program komputer sendiri.
5.      Metode Numerik dapat dijadikan sarana untuk memperkut kemampuan menerapkan ilmu matematika.
Materi mata kuliah Metode Numerik berkaitan dengan Galat dan Komputasi, Akar Persamaan Tak Linier meliputi Pelokasian Akar, Metode Bagi Bua, Metode Posisi Palsu, Iterasi Titik, dan Kuadrat, Interpolasi Beda Terbagi Newton, Interpolasi pada Titik – titik Berjarak Sama, Interpolasi Lagrange, Interpolasi Invers, Interpolasi Spline, Deferensial dan Integral Numerik meliputi Hampiran Turunan, Integral Numerik, dan Aturan Komposisi, serta penggunaan Metode Numerik untuk memecahkan masalah sehari – hari.

1 komentar: